Frequently Asked Questions (FAQ)

Kredit

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah program dari bank yang membantu nasabah untuk mendapatkan nasabah. Mudahnya adalah bank akan membayar lunas sebuah rumah, lalu nasabah akan membayar ke bank dengan cara dicicil plus bunga.

Kini, semakin banyak bank yang menawarkan KPR. Agar tak salah pilih, Anda harus bijak menentukan bank yang sesuai dengan keinginan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa disimak dan berguna untuk Anda yang masih ragu-ragu:

1. Jangka waktu

Jangka waktu maksimal KPR yang ditawarkan bank biasanya 15 tahun. Namun, kini ada juga bank yang menawarkan cicilan hingga 20 tahun. Semakin lama jangka waktu kredit, semakin besar total bunga yang harus dibayar.

Namun, keuntungannya, jangka kredit terpanjang akan meringankan biaya cicilan per bulan. Selain itu, kita perlu ingat, bahwa investasi properti nilainya akan selalu meningkat dari tahun ke tahun.

2. Besarnya cicilan

Agar cicilan tak terlalu mahal, sebaiknya Anda menyiapkan uang muka yang cukup. Idealnya, siapkan uang muka sekitar 30 persen dari harga rumah.

Selain itu, perlu diingat, pinjaman KPR bank tak boleh melebihi 70 persen dari harga rumah. Harus dipastikan juga, bahwa besarnya cicilan KPR yang Anda ambil tak melewati 30 persen dari pendapatan per bulan.

3. Siapkan uang tambahan

Selain membayar uang muka, Anda sebaiknya menyiapkan uang untuk keperluan surat-surat.pengurusan KPR di bank biasanya membutuhkan beberapa biaya seperti administrasi, booking fee,biaya penilaian jaminan, administrasi kredit dan provisi kredit.

Ada juga biaya lain seperti untuk asuransi yang mencakup asuransi jiwa untuk menutupi debitur dan asuransi kebakaran untuk membiayai rumah yang dijadikan agunan KPR tersebut. Jangan lupa, ada biaya pengikatan kredit secara hukum meliputi biaya Akta Pengakuan Utang dan Perjanjian Kredit, Akta Pemberian Hak Tanggungan (APHT), Akta jual-beli biaya bea batik nama sertifikat, BPHTB, dan jasa notaris.

4. Pilih bank yang tepat

Masing-masing bank memiliki program KPR tersendiri. Ada yang menawarkan bunga fixed selama setahun, ada juga yang menawarkan bunga fixed selama dua tahun. Sebelum menentukan bank, ada baiknya Anda membandingkan program KPR beberapa bank. Selain itu, pastikan bank yang Anda pilih memiliki jaringan dan pengalaman yang sudah terpercaya.

Sumber: properti.kompas.com

Jual Beli

Sebelum menjual rumah, anda perlu mencantumkan harga rumah secara jelas. Calon pembeli akan berusaha menawar rumah dengan harga lebih rendah. Namun, agar harga rumah Anda tidak turun terlalu tajam, Anda harus memberikan batas harga untuk penawarannya.

Pertimbangkan juga ukuran dan luas bangunan beserta kualitas material di dalamnya, seperti fasilitas dalam rumah, dan akses rumah dengan lokasi-lokasi publik, seperti jalan raya, rumah sakit, sekolah, dan lain-lain.

Jangan sembarangan menentukan harga. Anda bisa membandingkannya dengan harga properti di sekitar tempat tinggal Anda. Jangan lupa, pastikan juga harga rumah Anda tidak terlalu tinggi, tetapi juga tidak terlalu rendah atau murah.

Usahakan juga agar harga rumah sepadan dengan kualitas dan fasilitas. Karena, jika dikaitkan dengan keinginan Anda melepas rumah dengan harga lebih bagus, Anda dapat memberikan nilai lebih kepada calon pembeli. Misalnya, Anda terlebih dahulu merenovasi beberapa kerusakan atau kekurangan seperti mengecat ulang atau memperbaiki bagian-bagian yang sudah rusak atau jelek.

Rugi? Tentu saja, tidak. Sedikit biaya yang Anda keluarkan untuk merenovasi ini akan tertutupi dengan cara menaikkan sedikit harga jualnya. Yang pasti, Anda harus pintar-pintar meyakinkan calon pembeli bahwa mereka mendapatkan yang terbaik untuk setiap rupiahnya atas rumah Anda.

Membeli rumah merupakan keputusan yang cukup penting dan besar dalam hidup. Di dalamnya, kita akan tinggal bersama orang-orang tercinta dan menghabiskan sebagian besar waktu dalam hidup. Untuk itu, memilih rumah tidak bisa sembarangan, harus dilakukan pemikiran yang matang dan investigasi yang mendalam.

Dari sekian banyak pertimbangan yang harus dipikirkan, ini empat faktor terpenting yang wajib Anda utamakan saat membeli rumah..

1. Lokasi, Lokasi, Lokasi
Tiga hal pertama yang harus diperhatikan saat akan membeli rumah adalah lokasi, lokasi dan lokasi. Anda bisa tinggal di rumah yang bukan merupakan rumah idaman sekalipun jika Anda dan keluarga menyukai lingkungannya dan cocok dengan para tetangga. Untuk urusan rumah yang kurang sempurna, Anda bisa merenovasinya tapi jika sudah menyangkut lingkungan, Anda tentu tak bisa mengubahnya. Saat mencari rumah, pertimbangkan kemudahan akses ke tempat kerja dan sekolah anak-anak, keramah tamahan tetangga, bagaimana posisi rumah, kegiatan di lingkungan, lalu lintas, akses ke taman, tempat belanja juga transportasi publik.

2. Harga
Tidak hanya harga rumah, tapi juga biaya yang dikeluarkan selama proses jual beli rumah dan setelah Anda menempatinya. Mulai dari biaya pengurusan akta jual beli, sertifikat hak milik, biaya notaris, biaya balik nama (misalnya membeli rumah dari orang lain), pajak bumi dan bangunan, hipotek (jika ada) dan lain sebagainya. Pastikan bujet Anda cukup untuk semua biaya tersebut. Jadi saat membeli rumah, jangan hanya memperhatikan harga fisik yang terpampang tapi juga biaya-biaya yang berkaitan dengan pengurusan hukum.

3. Nilai Properti di Masa Sekarang dan Mendatang
Perhatikan apakah ada prospek harga rumah akan melambung tinggi di masa mendatang? Atau stagnan dan bahkan menurun? Apakah lokasi rumah tersebut berpotensi terkena penggusuran dari proyek pemerintah? Jika ya, berapa kira-kira besar ganti rugi yang akan diberikan (jika rumah harus digusur karena pembangunan jalan tol, dan sebagainya). Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang hal tersebut agar Anda tidak merugi. Bila kira-kira ke depannya akan lebih banyak dampak negatif daripada positif, sebaiknya pertimbangkan lagi untuk membeli rumah tersebut dan cari yang lebih prospektif dijadikan investasi jangka panjang.

4. Kondisi Tanah Tempat Rumah Dibangun
Perhatikan struktur bangunan, apakah dikerjakan oleh perusahaan konstruksi yang bereputasi tinggi? Fokuskan juga perhatian pada medan bangunan, apakah tanahnya cukup stabil dan tidak mengandung lumpur atau faktor-faktor lingkungan lain yang bisa berdampak buruk pada ketahanan bangunan rumah di masa-masa mendatang? Tanah seperti apa yang berada di bawah bangunan? Anda mungkin juga perlu mengecek kondisi tanah jika berencana membuat kebun di dalam pekarangan rumah. Periksa apakah ada racun atau zat kimia berbahaya yang mungkin terkandung di dalam tanah. Hal ini cukup penting, terutama jika ada anggota keluarga yang mudah alergi atau punya masalah kesehatan.

5. Fasilitas Umum di Sekitar Rumah
Bila Anda pasangan yang baru menikah dan berencana punya anak, pertimbangkan lokasi taman bermain dan sekolah. Apakah rumah Anda cukup dekat dan terjangkau dengan lembaga pendidikan? Hal ini penting dipikirkan untuk kemudahan dan keamanan balita atau anak usia TK dan SD agar tidak terlalu jauh saat bersekolah. Pertimbangkan juga kemudahan transportasi, sebaiknya rumah berada di lokasi yang dilewati atau dekat dengan transportasi publik, atau minimal aksesnya mudah dicapai.

Sumber: wolipop.detik.com

Properti Terpopuler

TanahTanah Dijual Belendung, Karawang 41371 LTN70GX9 www.eraliberty.co.id

Tanah Di Kerawang, Bekasi 18000m (PJP 080930)

Tanah Dijual Belendung, Karawang 41371

Dijual

Rp. 2,100,000 / M2

Luas Tanah18000 m2
RumahRumah Dijual Karet Tengsin, Jakarta Pusat 10220 LTN70FK5 www.eraliberty.co.id

Rumah Susun, Flat Karet Tengsin, Lt 11 (PJP 080985)

Rumah Dijual Karet Tengsin, Jakarta Pusat 10220

Dijual

Rp. 400,000,000

Luas Bangunan22m2Kamar Tidur1 KT
RumahRumah Dijual Taman Palem, Jakarta Barat 11820 LTN70GK8 www.eraliberty.co.id

Rumah Taman Palem Lestari, Blok D (PJP 81127)

Rumah Dijual Taman Palem, Jakarta Barat 11820

Dijual

Rp. 3,075,000,000

Luas Bangunan210m2Kamar Tidur5 KT
Kios atau TokoKios atau Toko Dijual Tanjung Duren, Jakarta Barat 11470 LTN70VZ7 www.eraliberty.co.id

Kios Madison Park, Tanjung Duren (PJP 080931)

Kios Atau Toko Dijual Tanjung Duren, Jakarta Barat 11470

Dijual

Rp. 2,000,000,000

Luas Bangunan12.43m2
RumahRumah Dijual Duri Kosambi, Jakarta Barat 11750 LTN70928 www.eraliberty.co.id

Rumah Pulau Indah Permai, Duri Kosambi (PJP 81126)

Rumah Dijual Duri Kosambi, Jakarta Barat 11750

Dijual

Rp. 1,300,000,000

Luas Bangunan75m2Kamar Tidur3 KT

TOP Agen

2017 © PRIME SYSTEM

Powered by: